Kinerja Keuangan Perusahaan

Kemajuan Digital, Industri Harus Berbenah

 


Kemajuan Digital, Industri Berbenah

Besarnya gelombang digital membuat perusahaan konvensional berbenah. Kehadiran perusahaan startup fintech dan jasa social media marketing mendorong institusi keuangan tradisional untuk mengevaluasi kembali model bisnis inti mereka dan mulai memanfaatkan inovasi digital.Di Indonesia perkembangan digital sudah sangat pesat saat ini pun sudah banyak digital agency terbaik yang ada di Indonesia. Jika tidak, menjamurnya fintech menggerogoti lini bisnis perbankan Dalam riset DBS berjudul ͞Digital Banking: New Avatar-Banks Watch Out for Banks͟ disebutkan, fintech memiliki kelebihan dibanding bank tradisional. 


Fintech memiliki teknologi dan inovasi untuk menjangkau nasabah yang tidak dapat mengakses sistem perbankan tradisional. Fintech juga lebih efisien karena mampu menekan biaya operasional sehingga bisa memberikan fasilitas pinjaman lebih murah.Selain dengan media iklan yang sudah biasa saat ini ada digital adevertising Indonesia.


͞Fintech bisa melayani lebih personal dan menjangkau masyarakat di wilayah pelosok,͟ kata Sachin Mittal, Telecom, Media and Technology Analyst DBS Group Research. Pertumbuhan yang pesat terlihat dari nilai investasi yang ditanamkan modal ventura ke startup fintech. Tak kurang US$ 13,8 miliar sepanjang 2015 atau lebih dari dua kali penanaman modal selama 2014. Saat ini ada 12 fintench yang bernilai di atas US$ 1 miliar atau kerap disebut ͞unicorn͟. Terdapat 6.500 fintech startup di dunia (2015), dimana 2.500 startup fintech berada di Asia.


Untuk menghadapi persaingan, ada dua hal yang bisa dilakukan perbankan. Pertama, digitalisasi layanan agar dapat memberikan layanan lebih cepat, murah, dan mudah ke nasabah, anda bisa menggunakan jasa social media marketing. Misalnya dengan membuka rekening digital melalui telepon pintar.Di Indonesia perkembangan digital sudah sangat pesat saat ini pun sudah banyak digital agency terbaik yang ada di Indonesia. Di Asia, layanan Digibank oleh DBS memungkinkan nasabah dapat membuka rekening tabungan melalui ponsel dengan menggunakan otorisasi biometric. Kedua, mengintegrasikan kegiatan perbankan dengan kehidupan nasabah sehari-hari.

Komentar